sikap remaja memang yang bukan jadi penilaian sekolah-sekolah pada umumnya.seperti di sekolah negeri atau lainnya yang di tanyakan oleh guru pada umumnya ialah nilai,nilai dan nilai. Tapi saat kita sudah membuka mata tentang sikap remaja yang akan menyongsong kebangkitan dan penerus bagi generasi sebelumnya tentunya sangat berkebalikan dengan apa yang diharapkan oleh generasi terdahulu.
Memang yang guru lihat ialah nilai.Nilai memang sangat berdampak pada kenaikan kelas dan masa depan remaja ataupun siswa.tapi,jika kita sudah membuka mata benar-benar maka kita akan berpikir “memang kita sangat membutuhkan nilai yang bagus,memang kita sangat membutuhkan hasil sekolah yang bagus.tapi itu semua juga harus didasarkan dengan adab kepada guru kita yang sudah memberi ilmu.jika kita berpikir lebih dalam lagi… bahwa ilmu itu tidak pantas d ibayar dengan uang walau uang tersebut sanagat banyak sampai bias memenuhi kebutuhan gurunya.ilmu itu tidak pantas dibeli,ilmu itu tidak pantas dibayar dengan uang selembaran yang bersifat sementara.tapi ilmu ialah sesuatu yang bersifat turun temurun yang hanya bisa diberi ketika guru dan murid saling ridho akan diberi dan diterimanya ilmu tersebut.
Adab murid kepada guru tidak hanya mentaati
peraturannya saja.tapi ia harus dalam bersikap perkataan dan perbuatannya dalam
adab yang di tentukan.
Apa yang
dikatakan imam alghozali tentang adab menuntut ilmu :
1. Bersuci
Kebiasaan ini memang sudah ditinggalkan oleh banyak banyak
orang.bagaimana tidak ? banyak orang berfikir bahwa bersuci hanya ketika sedang
ingin beribadah saja. Bersuci dapat bisa menghilangkan kotoran yang terdapat
dalam hidung,sela-sela jari ataupun muka. Yang dimana kotoran itu akan
bersarang dan menyebarkan penyakit.
2. Rendah hati kepada guru
Sikap ini memang usdah menjadi kewajibah bagi seluruh pelajar yang ingin
mendapatkan ilmu.rendah hati ialah sikap yang menunjukan bahwa kita memang
perlu bimbingan dan perlu pengajaran.dari sini guru tersebut tahu bahwa kita
butuh bimbingan dan guru akan ridho dengan kita karna kita sudah melakukan
akhlak yang mulia.
3. Bersungguh-sungguh
Saat kita sudah mendapatkan ridho dari sang guru hendaknya kita
bersungguh-sungguh agar kita tidak mengecewakannya dan mendapatkan senyum
guru.dari sebuah mahfudzat mengatakan bahwa”man
jadda wa jada”.barang siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil.maka kita
harus bersungguh-sunggu agar kita berhasil nanti.
4. Hindarkan perselisihan
Dalam pembelajaran mustahil didalamnya tidak ada perbedaan
pendapat.didalam pembelajaran pasti banyak perbedaan dengan dilandaskan pikiran
dan pola piker seseorang yang berbeda-beda.tapi jika kita menghindarkan
perselisihan dan mendekati penyatuan maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan
karana didalam perselisihan pasti ada kesamaan yang bisa menyatukan semua
perbedaan pendapat tersebut.
5. Tuntaskan !
Yang terakhir ialah tuntaskan karana belajar jangan setengah setengah
.dengan adab yang kita tanamkan dan ridho guru yang kita terima dan jalankan
maka akan menjadi bukan hanya sekedar ilmu tapi keberkahan ilmu.
hal-hal ini memang harus diperhatikan.jika tidak maka akan menimbulkan kejadianyang sudah
banyak terjaid di zaman yang mengedepankan hasil bukan proses dan adab yang
dilakukan. Pemuda –pemuda yang melakukan kenakalan pemuda itu adalah pemuda yang
tidak memerhatikan adab-adab menuntut ilmu.orang yang mementingkan adab adalah
ornag yang jauh dari perbuatan semacam itu.
Dimulai dari coba-coba banyak yang sudah
terjadi dari tindakan merokok sampai sex bebas.saat ia sudah melakuakan hal
yang kecil (walau yang kecil sudah berddampak hal besar)ia akan mencoba lagi
untuk free sex,saat ia sudah melakukan hal tersebut maka ia sudah putus harapan
menjadi generasi penerus.dan menganggap[ bahwa ia adalah generasi penerus yang
gagal.saat ia sudah berpikir demikian maka ia akan narkoba karna sudah menyerah
apa yang menimpa pada dirinya saat ini.
Itu yang harus kita perhatikan ,saat kita
sudah tidak bisa lagi mengendalikan emosi kita maka jangalah kita langsung
bertindak sesuka kita.maka bertindaklah dengan hati dan berpikir “apakah
perbuatan yang ingin kita lakukan sudah benar ?.
Banyak yang melakukan perbuatan yang tercela
saat masa remaja ialah remaja yang mengelampiaskan perbuatan dari beberapa
kalangan remaja yang bersifat menyimpang.maka jika ramaja yang terkena
perbuatan dari kalangan remaja yang menyimpang tidak bisa mengendalikan
emosinya dan bertindak sesukanya.maka remaja tersebut bisa ikut dalam perbuatan
yang tercela itu.ini adalah contoh dari perbuatan tercela yang memang
benar-benar terlihat tercela.
Bagaimana
dengan masalah percintaan saat remaja ?.biasanya masalah percintaan remaja
dimulai dari sebuah perkenalan secara tak sengaja ataupun disengaja. Dikarenakan
remaja adalah suatu keadaan dimana seseorang baru dewasa?pubertas.maka jika ia
tidak bisa mengatur emosi dan prilakunya,maka ia ditakutkan akan masuk kedalam
pergaulan bebas,yaitu dimana sekumpulan remaja melakukan prilaku yang sangat
jauh dan tak pernah diajarkan oleh guru-guru.antara lain : sex bebas,narkoba,pencurian,balap motor,tawuran dll.
Semua itu tidak terjadi bukan hanya
faktortor internal,semua itu terjadi dikarenakan factor eksternal juga.yaitu
lingkungan.mengapa lingkungan ? karna lingkungan adalah tempat dimana semua
jenis prilaku bersatu dan hidup di satu tempat.namun lebih baik jika lingkungan
tersebut ada beberapa macam prilaku,daripada lingkungan yang sudah jelas
prilakunya.nah, yang bahayanya jika kenakalan remaja tersebut sudah parah
mungkin ia akan mengunjungi tempat-tempat yang sudah jelas prilaku buruknya.
Oleh karna
itu,jika kita merasakan ada melencengnya prilaku kita atau kita tau ada salah
satu dari temen kita yang sedang mendapatkan keadaan tersebut.maka kita sebagai
teman dan makhluk social maka kita mau tidak mau menolong ia.dengan
cara,menasehati dan membimbing ia dengan sekuat tenaga selagi dalam
kebaikan.dan ingatlah saat kita mempelajari sesuatu maka kita harus lebih fokus
kepada adab dulu daripada ilmu.karna dari siotu kita harus mementingkan satu
hal yaitu “keberkahan”.
project by :hsn__nr
#bukan kalengkaleng
#bukan kalengkaleng
#ih_sans34